Serah Terima Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI)

 Bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, pada hari Rabu, 16 Maret 2021, dilaksanakan penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) Tahun 2021 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Belitung kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung. Penyerahan LAKI ini disampaikan oleh Ketua Tim Audit Kearsipan Internal Ibu Natasha, S.S dan didampingi oleh Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Belitung kepada Bpk. Hasandi, S.Pd.SD, selaku Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung.

Mewakili kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Bapak Hasandi, S.Pd.SD, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Belitung yang telah melaksanakan Audit Kearsipan Internal pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Belitung. Beliau berharap dengan diterimanya laporan ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Belitung akan berusaha untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil dari Audit Kearsipan internal ini, sehingga tata kelola kearsipan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung bisa berjalan dengan baik sesuai dengan norma dan kaidah kearsipan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan.

Sebelumnya pada bulan Oktober 2021 telah dilaksanakan audit intenal kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Belitung kepada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung sebanyak 9 OPD menjadi Sasaran Objek audit. Tujuan Pelaksanaan audit internal kearsipan ini adalah untuk menguji ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan kearsipan dalam pengelolaan arsip dinamis pada unit kearsipan dan Unit Pengolah OPD yang meliputi penciptaan arsip, pemberkasan dan penataan arsip aktif, program arsip vital, pengolahan dan pelaporan arsip terjaga, pengolahan arsip inaktif, pemeliharaan arsip inaktif, layanan dan akses arsip dinamis, penyusutan arsip dan aspek sumber daya manusia kearsipan.