Berita

PUSAT DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI KEMDIKBUD RISTEK MENGADAKAN BIMTEK VERIFIKASI VALIDASI DATA PENDIDIKAN TAHUN 2022

Kamis, 20 Januari 2022 bertempat di ruang rapat  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Pusat Data dan Teknologi informasi (PUSDATIN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset, dan Teknologi mengadakan Bimtek Verifikasi Validasi Data Pendidikan Tahun 2022. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Bapak Tomi Wardiansyah, S.Sos, dalam arahannnya Tomi berharap bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti karna data adalah modal utama dalam sebuah perencanaan, karna dari data yang ada serta data yang akurat  kita dapat merencanakan sesuatu sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Pelaksanaan Bimtek tersebut diikuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung dan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timu. Materi acara diisi oleh para narasumber yang berasal dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemdikbudristek yaitu Bapak. Albertus Noviantoni, S.Si ( Staf Manajemen data Pusdatin), Bapak Liswanto, S.Si ( Staf Data Pendidikan Pusdatin), Ibu Arna Ristiyanti Tarida, S.Si ( Analis Statistik) , dan  IbuSeruni Sintia Fati, S.E (Analis Data).

Adapun materi yang diberikan adalah terkait dengan jaringan pengelolaan data, Verifikasi dan validasi data peserta didik, verifikasi dan validasi data GTK, Verifikasi dan validasi data satuan pendidikan, validasi dan verifikasi perencanaan data PTK baru, serta verifikasi dan validasi data Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Pada data peserta didik saat ini  banyak  ditemukan di adanya siswa yang belum mempunyai NISN serta sulitnya menarik data dari siswa yang mengalami mutasi dari sekolah antar daerah,  sehingga ini tentunya sangat menylitkan bagi siswa ucap bapak Albertus sebagai nara sumber.

Pada bagian lain terkait dengan data satuan pendidikan terutama data sarana prasaran sangat diperlukan karna hal ini dapat membantu Pemerintah dalam upaya perencanaan akan sarana prasaran yang akan dipersiapkan dalam bidang pendidikan, sehingga dengan data yang valid kebutuhan akan sarana dan prasarana pendidikan akan dapat terpenuhi secara baik.

Pada akhir acara seluruh narasumber berharap mudah-mudahan Bimtek yang singkat ini dapat membantu rekan rekan pengelola data pada Dinas Pendidikan Kabupaten/kota  untuk lebih memahami akan pentingnya data yang valid sehingga data tersebut dapat dipergunakan secara maksimal  ( Bidang PTK)